Kamis, 30 November 2017

6 Tips Memilih Sofa yang Sesuai dengan Ruangan Anda


Sofa adalah salah satu furnitur yang sangat berperan penting guna melengkapi ruang tamu Anda. Tidak lengkap rasanya jika tidak ada sofa di ruang tamu ataupun ruang keluarga. Selain berfungsi untuk duduk menyambut tamu, sofa juga berfungsi sebagai tempat beristirahat maupun bersantai saat berkumpul dengan keluarga. Namun, seiring waktu pemakaian sofa, sofa di rumah Anda akan mengalami beberapa kerusakan. Jika Anda tidak ingin melakukan service sofa, maka Anda perlu membeli sofa yang baru dengan tips memilih sofa yang tepat dibawah ini.

Tips Memilih Sofa

1. Hitung Ukuran Sofa

Jika ruang tamu Anda berukuran besar, Anda bisa memilih untuk menggunakan ukuran sofa yang besar juga. Namun, Anda perlu menentukan seberapa besar dan seberapa banyak ruang yang akan digunakan untuk diisi dengan sofa Anda. Selain itu, sesuaikan juga ukuran sofa jika Anda ingin meletakkan meja di sekitar sofa. Jika Anda ingin menjadikan sofa sebagai titik fokus di ruang tamu, gunakanlah sofa yang lebih bulat dan mengambil sedikit lebih banyak ruang. Jika ruang tamu Anda berukuran kecil, gunakan sofa yang berukuran lebih kecil juga. Hindari memilih sofa dengan ukuran besar untuk ruangan tamu yang berukuran kecil. Hal ini akan menimbulkan kesan sempit dan sumpek pada ruangan Anda.

2. Tentukan Arah Sofa

Setelah memilih ukuran sofa, selanjutnya Anda harus menentukan ke mana arah sofa Anda. Tentukan hal apa yang akan sering Anda lakukan di sana. Apakah Anda akan sering menonton di sana? Kalau iya Anda harus menjaga jarak dari sofa ke TV agar mata Anda tidak terlalu lelah. Jika anggota keluarga Anda senang membaca, letakkan beberapa bantal untuk menciptakan suasana membaca yang nyaman. Atau mungkin Anda sendiri merencanakan hanya sebagai tempat bercengkerama dengan kerabat atau keluarga saja. Susunlah sofa setengah lingkaran atau melingkar. Jangan lupa letakkan meja kecil di tengah-tengahnya.

3. Bentuk yang Tepat

Pilihlah bentuk sofa yang tepat untuk ruangan Anda. Ada berbagai macam bentuk sofa yang harus Anda tentukan dengan menyesuaikannya dengan fungsi sofa tersebut. Jika memang tidak ada batas berupa tembok antara satu ruangan dengan ruangan yang lainnya, maka sofa berbentuk L bisa menjadi sebuah pilihan yang tepat. Sedangkan, sofa yang berbentuk bulat akan lebih cocok untuk di ruangan yang berukuran lebih kecil agar bisa dijadikan sebagai area berkumpul untuk keluarga.

4. Bahan Pelapis

Selanjutnya Anda perlu mempertimbangkan bahan pelapis dari sofa tersebut. Meski terlihat cantik, namun Anda juga perlu melihat dari sisi fungsi dan gaya hidup Anda. Sofa dengan bahan beludru tentu sangat rawan rusak jika Anda memelihara hewan peliharaan di dalam rumah. Selain itu, anak kecil yang masih suka bereksplorasi juga sangat rawan jika Anda menggunakan sofa beludru. Kulit adalah bahan yang tepat, terutama warna yang gelap akan sangat lebih mudah dibersihkan dan tidak meninggalkan jejak. Namun, Anda harus memperhatikan baik-baik bagaiaman cara perawatannya. Jika tidak, sofa kulit Anda akan terlihat kusam dan tidak menarik.

5. Gaya yang Sesuai

Memilh sofa untuk ruangan Anda perlu disesuaikan dengan gaya rumah tesebut. Jika rumah Anda tidak terlalu banyak menggunakan warna-warna cerah, maka Anda bisa menggunakan sofa dengan warna yang lebih terang seperti putih, krem atau cokelat muda. Tampilan sofa yang tradisional dan klasik juga sangat tepat jika rumah Anda memiliki banyak furnitur atau aksesoris yang berbau serupa.

6. Pilih Warna

Tak hanya bentuk, ukuran dan model yang beragam. Pilihan warna yang ditawarkan pada sofa juga memiliki beraneka warna. Ada beberapa pilihan untuk warna sofa yaitu ada yang berwarna gelap, cerah dan bermotif-motif. Anda tidak perlu ragu untuk tampil beda dengan menggunakan pola dan motif-motif pada sofa Anda. Sofa yang berpola dan bermotif-motif memberikan kesan yang unik dan menarik bagi yang melihatnya. Motif seperti garis-garis, polka dot, motif kulit binatang dan sebagainya, bisa menjadi pilihan untuk Anda bila tertarik dengan pola yang unik. Tentu Anda bisa mencobanya dan membawa suasana yang menyenangkan pada ruangan Anda.

0 komentar:

Posting Komentar