Rabu, 06 Juni 2018

7 Faktor Yang Sering Jadi Pertimbangan Saat Membeli Genset


Baru-baru ini orang tua saya berkeinginan untuk membeli sebuah genset. Pasalnya, di daerah kami tinggal sering terjadi pemadaman listrik, penyebabnya selain karena faktor kerusakan juga bisa dikarenakan adanya pemeliharaan alat. Apapun penyebabnya, pemadaman listrik terasa sangat mengganggu. Seringkali, pemadaman terjadi saat pagi, siang, sore atau bahkan malam. Yang paling buruk jika terjadi saat malam hari karena sudah dapat dipastikan keadaan akan menjadi gelap gulita.

Genset Silent

Sebelum membeli genset, orang tua saya sempat mempertimbangkan beberapa hal terkait genset yang ingin dibeli. Beberapa faktor penting ini memang perlu diperhatikan, tujuannya agar dapat menemukan jenis genset yang sesuai, tidak hanya sesuai untuk pemakaiannya nanti tetapi juga sesuai dengan kondisi kantong. Sebagai bentuk berbagi pengalaman dan informasi, akan saya ulas berikut ini faktor apa saja yang perlu diperhatikan saat ingin membeli genset.

1. Harga
Karena bukan dari golongan yang termasuk dalam kategori kaya, maka masalah harga adalah pertimbangan yang utama. Dari beberapa informasi yang didapatkan, harga genset dari berbagai jenis dan merk memiliki harga yang beragam. Meski ada banyak toko yang jual genset silent atau tipe open, soal harga tetap jadi hal yang utama untuk diperhatikan saat membeli.

2. Suara
Suara yang dihasilkan mesin genset memang berbeda-beda, ada yang halus dan nyaring. Hal ini juga perlu diperhatikan karena ada sebagian orang yang merasa terganggu dengan suara genset yang terlalu bising. Jika nanti genset diletakkan di dalam ruangan atau dalam rumah, pilihan untuk jenis genset bersuara halus lebih nyaman untuk digunakan.

3. Daya
Tipe genset yang ingin dibeli orang tua saya adalah yang cukup untuk keperluan rumah tangga. Jadi, tidak perlu genset dengan daya yang besar layaknya genset untuk keperluan pabrik. Setidaknya cukup untuk menghidupkan sebagian peralatan penting seperti lampu, kulkas, pemasak nasi, TV, kipas angin dan charger.

4. Cara Pakai
Sebelumnya tidak pernah menggunakan genset sehingga dalam hal cara pemakaian masih awam. Oleh sebab itu, faktor bagaimana cara menggunakan genset adalah hal lainnya untuk dipertimbangkan. Ada sebagian jenis genset yang sulit atau cara menghidupkannya ribet sehingga jika diperlukan saat mendadak akan sangat menyulitkan. Namun, adapula jenis genset yang mudah dalam pemakaiannya. Biasanya jenis genset ini yang sudah memiliki starter sehingga ketika ingin dinyalakan, tinggal klik tombol.

5. Asap
Hasil buangan dari pembakaran dalam mesin genset berupa asap. Asap ini bisa jadi sebuah masalah bagi pengguna jika tidak ditangani dengan baik. Jika genset nantinya diletakkan pada luar ruangan atau jauh dari tempat tinggal, meski akan mengeluarkan asap yang banyak mungkin tidak akan mengganggu.

6. Baru Atau Second
Pilihan ingin membeli genset baru atau second juga menjadi pertimbangan lain. Untuk yang memiliki budget terbatas atau dana yang ada masih belum mencukup untuk membeli genset baru, membeli genset second namun dengan kondisi yang bagus dan masih layak pakai, bisa jadi pilihan. Jika ada yang menawarkan ingin jual genset silent dengan harga terjangkau, mungkin saja orang tua saya akan tertarik membeli. Bagaimana dengan anda?

7. Merk
Ada sebagian orang yang percaya jika merk tertentu memiliki jaminan kualitas barang yang bagus. Untuk genset, ada beberapa merk yang cukup terkenal yang bisa dipilih seperti Mitsubishi, Yanmar, Perkins, Cummins, Lovol dan lainnya. Mau pilih merk apapun, pilih yang memberikan jaminan garansi produk.

0 komentar:

Posting Komentar